Ordik Mahasiswa Baru 2018

Ordik Mahasiswa Baru 2018

Dokumentasi menyambut Mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 ini, Politeknik Ganesha Medan memang hanya melakukan program pengenalan kampus lewat konsep character building. Digelar selama 3 hari, kegiatan pembekalan mahasiswa dilakukan dilingkungan kampus dan kegiatan diluar kampus untuk membangun kebersamaan dan saling mengenal antar mahasiswa, pimpinan dan civitas akademik. Kegiatan ini tidak hanya untuk mengenalkan kampus dan sistem pendidikannya, tapi juga membentuk karakter dan integritas mahasiswa. Pada kegiatan ini materi yang diberikan meliputi Pengenalan Sistem Perguruan Tinggi, budaya akademik (academic culture), pembentukan mindset kewirausahaan, dan lainnya, serta materi softskill berupa kepemimpinan dan organisasi, serta kemampuan interpersonal.

Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dan menjadi prasyarat untuk mengikuti sidang Tugas Akhir. Untuk itu, dilibatkan pembimbingnya langsung dari staff dan kakak kelas yang diseleksi yang ramah dan sudah memahami dengan benar konsep itu. Program pengenalan kampus saat ini sudah sangat jauh dari gaya orientasi pengenalan kampus atau ospek yang melibatkan kekerasan fisik dan mental namun kegiatan masa orientasi di Politeknik Ganesha Medan dibuat senyaman mungkin agar para mahasiswa bisa duduk nyaman dan menikmati materi yang disampaikan. Diskusi pun mengalir tanpa ada tekanan atau kekerasan. untuk mengurangi rasa kejenuhan selama 1 hari pengenalan sistem pendidikan dikampus, nantinya akan ada kegiatan diluar kampus dengan dibuat ajang kreatifitas, doorprize dan sesi game antar kelompok untuk membangun kekompakan antar mahasiswa baru.

Perbandingan antara character building dengan ospek ada pada suasana tertekan dan mencekam mahasiswa baru. Ospek biasanya jadi ajang balas dendam senior kepada adik-adik kelasnya. Namun dalam character building ini suasananya lebih nyaman, menarik, dan mengubah paradigma tentang kegiatan pengenalan kampus yang selama ini ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *